Sejarah Pertama Kali KitFox Dikenal Tahun 1984

Sejarah Pertama Kali KitFox Dikenal Tahun 1984

Ketika sebuah pesawat sudah ada selama Kitfox, perubahan — dan peningkatan — tidak bisa dihindari. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984, Kitfox Model 1 telah berkembang pesat dan pada tahun 1991, Kitfox Model 4-1200, model yang saya miliki, telah menjadi Kitfox dengan penjualan terbesar sepanjang masa.

Pemilik Kitfox LLC John McBean mengatakan bahwa selama masa kejayaan perusahaan, hingga 40 kit Kitfox sebulan dikirimkan. Maju cepat ke abad ke-21 dan volume semacam itu hanyalah kenangan yang jauh bahkan jika Model 4 tidak. (untuk info model 4 dapat dilihat di https://www.foxaircraft.com/) Iterasi Kitfox terbaru adalah Seri 7 Super Sport, yang dijual dalam varian SLSA dan versi Eksperimental/buatan Amatir. Dirancang untuk mesin yang lebih besar daripada Model 4, lebih besar, lebih cepat, lebih halus dan panelnya diisi dengan kaca atau setidaknya bisa, sesuai keinginan pembuatnya. Mengingat berbagai opsi mesin — semuanya berjumlah 14 — bobot kotor yang lebih tinggi dan area kabin serta bagasi yang lebih besar, ini adalah paket yang mengesankan. Tapi apakah ini benar-benar lebih baik daripada Model 4 yang terpercaya—sekarang disebut Classic IV—yang saya miliki?

Untuk mengetahuinya, baru-baru ini saya mendapat kesempatan untuk melakukan perbandingan berdampingan dari kedua model tersebut. Paul Leadabrand, kepala CFI dan pemilik Stick & Rudder Aviation, sekolah penerbangan khusus Kitfox di Boise, Idaho, menerbangkan Kitfox Seri 7 SLSA buatan pabriknya ke Sebring, Florida untuk acara Olahraga tahunan Pameran Penerbangan. John McBean juga ada di kota dan saya tiba dengan Model 4 saya yang berusia 18 tahun. Kami memarkir kedua pesawat berdampingan untuk perbandingan, setelah itu saya melakukan uji coba penerbangan singkat.

Dijelaskan McBean Sejarah Gemilang Kitfox

Seperti yang sering dijelaskan McBean, model Kitfox memiliki sejarah yang panjang dan gemilang, dan dia dapat menggambarkan hampir setiap putaran dan belokan. Bilah samping di halaman 10 menjelaskan evolusi model, tetapi Seri 7 berasal dari perkembangan yang lebih baru: Seri 5 dan 6. Seri 5 sebenarnya adalah desain bersih yang dimaksudkan untuk mengakomodasi mesin yang lebih besar, termasuk seri 912, tapi Continental dan Lycomings juga. 5 tersedia dalam versi trigear atau tailwheel, tetapi ketika 6 berevolusi sekitar tahun 2000, roda gigi konvertibel menyederhanakan garis menjadi satu pesawat.

6 adalah proyek berumur pendek karena sebagian serangan 9/11, menurut McBean. Light Sport ada di cakrawala saat itu dan meskipun Kitfox sedang mengembangkan pesawat terbang untuk pasar itu yang disebut Sport, LSA tampak rapuh pada tahun 2001, jadi Kitfox bergabung kembali. Tetapi sebagian besar pekerjaan yang masuk ke Seri 6 dan pengembangan Sport berakhir dengan apa yang sekarang menjadi kit S7 Super Sport.


Diterbitkan

dalam

oleh